SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 6 March 2012

CARA MENJAGA KEAMANAN JEJARING SOSIAL



Kini tingkat kejahatan didunia maya semakin berkualitas dan semakin canggih. Maka kita harus tetap wapada agar jejaring sosial kita tidak dirusak oleh orang lain. Berbagai alasan yang mendasari orang merusak akun jejaring sosial kita mulai dari hanya iseng saja hingga ingin menguak rahasia kita dijejaring sosial. Dalam memenejemen jejaring sosial hendaknya hati-hati dan tetap waspada. Beberapa hal yang dapat kita lakukan agar akun jejaring sosial kita senantiasa terjaga keamanannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ubah pasword secara berkala
Pengubahan pasword ditujukan agar orang yang pernah melihat pasword kita tidak dapat menggunakannya untuk login dilain waktu. Karena kita tidak tahu orang yang awalnya baik dengan kita justru akan merusak akun kita

Gunakan pasword variasi
Kebanyakan orang menggunakan pasword namanya atau tanggal lahirnya. Sebenernya ini adalah salah besar. Karena orang akan mudah membongkar pasword tersebut. Usahakan ada variasi huruf dan angka saat membuat pasword. Karena dengan cara kombinasi ini orang akan sulit memperkirakannya.

Jaga kerahasiaan pasword
Usahakan pasword ini tidak diketahui oleh siapapun walaupun itu orang terdekat anda atau orang yang anda percaya. Karena kita tak akan pernah tahu isi hati seseorang. Biasakan pasword hanya untuk pribadi.

Jangan tautkan dengan email
Kesalahan yang sering dilakukan adalah menautkan jejaring sosial dengan email. Kenapa hal ini tidak boleh dilakukan? Karena saat email anda di hack oleh orang lain secara otomatis akun jejaring sosial anda juga akan dapat dibuka dengan mudah.

Jangan login di komputer umum
Sering login ditempat umum, seperti warnet atau penyedia layanan internet gratis yang saat ini banyak berkembang. Karena ada software khusus yang bisa mendeteksi pasword dari akun anda ketika pernah loggin dikomputer tersebut. Usahakan ketika meninggalkan komputer tersebut sudah di logout dan dipastikan alamat email anda sudah tidak terbaca lagi. Jangan lupa menghapus juga riwayat browsing anda.

Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat berjejaring sosial dengan aman dan nyaman....