SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 23 March 2012

PEMANFAATAN INFORMASI GEOSPASIAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 PURWANTORO

ABSTRAK


Tujuan penelitian  ini adalah: (1) Memberikan gambaran pemanfaatan informasi geospasial dalam upaya meningkatkan kecerdasan spasial siswa di SMAN 1 Purwantoro.  (2) Mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis informasi geospasial di SMAN 1 Purwantoro. (3) Memberikan informasi keunggulan pemanfaatan informasi geospasial dalam pembelajaran.
 Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan mendiskripsikan pemanfaatan informasi geospasial dalam pembelajaran geografi di SMAN 1 Purwantoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pemanfaatan informasi geospasial di SMAN 1 Purwantoro menggunakan peta, citra, website. (2) Minat siswa SMAN 1 Purwantoro dalam mengikuti pembelajaran geografi berbasis informasi geospasial adalah 58,06% kategori minat baik dan 41,93% kategori minat cukup baik. (3) Keunggulan pemanfaatan informasi geospasial dalam pembelajaran yaitu merangsang siswa menganalisis suatu fenomena secara spasial, meningkatkan minat belajar siswa dan melatih siswa berpikir secara realistis.