SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 13 March 2012

YANG HARUS DIWASPADAI PENGENDARA SAAT MUSIM HUJAN



Kendaraaan sudah merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Dalam setiap aktivitas kita selalu membutuhkan kendaraan sebagai sarana transportasi. Tanpa kita sadari saat berkendara tak memperdulikan waktu berkendara. Berkendara saat musim hujan berbahaya untuk keselamatan kita. Beberapa hal yang membahayakan saat berkendara di musim hujan diantaranya:

Jalan licin
Jalan yang licin merupakan penyeabab terbesar kecelakaan di musim hujan. Hal ini karena saat jalan licin kendaraan kurang stabil dalam melintasi jalan. Saat musim penghujan usahakan menggunakan ban standar kendaraan tersebut, karena dengan demikian kesetabilan  kendaraan akan terjaga.

Terbatasnya jarak pandang
Saat hujan deras kemampuan pandangan kita terbatas beberapa meter saja. Hal ini mengharuskan pengguna kendaraan untuk ekstra hati-hati saat mengemudi.

Lobang yang tak terlihat
Saat musim penghujan banyak lobang jalan yang tertutupi oleh air yang menggenang. Jika pengendara tidak hati-hati maka akan masuk kelobang tersebut dan menyebabkan kecelakaan.

Genangan air
Genangan air menyebabkan kendaraan mogok dijalan. Ketika terjadi gengan air yang tinggi hendaknya beralih jalur lain. Jangan sampai air masuk ke dalam mesin kendaraan.

Angin kencang
Saat musim penghujan sangat rawan terhadap kejadian angin kencang.  Ketika hal ini terjadi, kurangilah kecepatan kendaraan. Karena tekanan angin yang tinggi akan megurangi kesetabilan kendaraan.

Mudah-mudahan bermanfaat dan kita senantiasa mendapatkan keselamatan saat berkendara.