Anak bangsa yang memiliki cita-cita sederhana untuk mencerdaskan bangsa

Friday, 9 March 2012

CARA MENGATASI KEGALAUAN



Saat ini sedang ngetrend istilah galau, banyak persepsi yang mengartikan galau. Namaun, pada intinya kegalauan adalah perasaaan tidak nyaman karena kembimbangan atau kondisi hati yang kurang mantab dengan apa yang diputuskan atau apa yang dijalani saat ini. Nah, ketika galau melanda apa yang dapat kita laukan? Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan saat galau melanda, diantaranya adalah:

Cari penyebabnya
Mencari sumber kegalauan merupakan hal  yang penting karena dari situlah sumbernya. Ketika sudah tahu penyebabnya maka akan lebih mudah untuk mencaari solusinya. Cobalah untuk merenungi apa yang menimbulkan kegalauan itu.

Berfikir realistis
Realita adalaha apa yang benar-benar terjadi, saat mengalami kegalauan cobalah untuk berfifkir realistis. Karena semakin baik pemikiran solusi yang terbaik akan semakin mudah ditemukan. Hilangkan hayala-hayalan yang meracuni fikiran, karena disitulah letak kegalauan. Karena yang diharapka tidak sesuai dengan harapan.

Curhat dengan orang yang tepat
Curhat dapat meringankan isi hati yang sedang mengganjal. Ketika semua sudah dicurhkan akan terasa plong. Namun, untuk curhat ini juga harus memperhatikan siapa yang diajak curhat. Jangan sampai justru menambah masalah. Ketika curhat pilihlah orang yang faham mengenai masalah yang menyebabkan kegalauan itu sehingga akan memberikan solusi yang tepat.

Segera tentukan langkah
Ketika sudah sudah dicari penyebabnya dan menerima berbagai masukkan maka segeralah untuk mengambil langkah yang terbaik agar kegalauan tersebut tidak berlarut-larut dan semakin menyiksa batin anda.

Segera lupakan kegalauan
Ketika kegalauan anda sudah menemukan solusinya maka segeralah untuk melupakan kegalauan itu dengan mengalihkan perhatian pada kegiatan atau kesibukan lain. Karena kegalauan yang berlarut-larut tidak baik untuk kesehatan jiwa.
Mudah-mudahan bermanfaat..............