SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 22 February 2012

DAMPAK NEGATIF NONTON FILM JIN BAGI ANAK



Saat ini dunia industri perfilman dan sinetron beramai-ramai untuk menguasai pangsa pasar. Pangsa pasar yang paling empuk adalah dunia anak. Karena dunia anak merupakan dunia yang kadang kurang rasional. Ketika anak sudah menyukai suatu hal maka harus dipenuhi tanpa melihat dampak negatifnya. Akhir-akhir ini film bertemakan jin mulai diangkat kembali dengan sajian yang baru.  Tayangan film ini tanpa kita sadari akan berdampak buruk pagi pekembangan anak diantaranya:

Menanamkan hidup instan
Film-film jin biasanya menampilkan berbgai kemudahan pagi majikan tersebut. Misalnya ketika tidak bisa mengerjakan PR si jin memberikan pensil ajaib untuk dapat mengerjakan soal cepat. Alhasil, seorang anak akan berangan-angan seandainya bisa seperti itu semuanya serba mudah dan cepat. Karena dunia anak biasanya berfifkir mentah-mentah tanpa dinalar lebih panjang.

Menanamkan pemikiran menyekutukan Tuhan
Dalam tayangan film jin biasanya jika majikan jin tersebut membutuhka sesuatu pasti minta tolong pada jin tersebut dan jin pun memberikannya. Hal ini sangat berbahaya bagi rohani anak, karena seorang anak akan berfikir jika semua itu yang memberikan jin bukanlah Tuhan.

Meniru adegan yang salah
Dalam tayangan film jin biasanya ditampilkan adegan yang tidak masuk akal dinalar kita. Misalnya, terbang dari atas atas rumah atau memanjat pohon kemudian loncat.  Ketika anak tidak bernalar panjang maka akan menirukan adegan tersebut dan akan membahayakan anak.

Menimbulkan trauma
Trauma ini terjadi saat ada adegan yang aneh namun sering ditemui oleh sang anak. Misalnya saat ada adegan ikat pinggang diubah jadi ular. Ketika anak takut dengan ular maka akan menimbulkan kesan bahwa setiap ikat pinggang dapat berubah menjadi ular sehingga anak takut setiap melihat  ikat  pinggang.

Dengan adanya dampak buruk tersebut hendaknya orang tua selalu mendampingi anak-anaknya saat melihat tayangan televisi. Sehingga ketika ada tayangan yang kurang tepat dan tidak rasional dapat memberitahukan bahwa tayangan tersebut tidak boleh ditiru dan hanya hayalan belaka.  Mudah-mudahan bermanfaat....