SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 4 February 2012

TIPS MEMILIH PERGURUAN TINGGI



Memilih jurusan yang ideal tidak semudah yang dibayangkan, hal ini terlihat sepele namun memerlukan pemikiran dan pertimbangan yang benar-benar matang, karena pilihan itu akan menentukan masa depan kita dihari esok.  Yang tidak kalah pentingnya karena pilihan tersebut  nantinya akan mempengaruhi dalam hal akademis, psikologi, maupun pergaulan di bangku perkuliahan. Berikut beberapa pertimbangan dalam menentukan jurusan yang tepat antara lain:

Sesuaikn cita-cita dan minat
Cita-cita adalah apa yang akan kita tuju dihari esok, pilihan yang baik adalah yang menunjang cita-cita yang sesuai dengan minatnya. Karena masa kuliah itu memakan waktu yang lama, maka tanyakan terlebih dahulu pada diri kita sendiri apa yang jadi minat kita, jurusan apa yang kita sukai dan yang mampu kita kuasai.

Lihat prospek kedepannya
Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Oleh sebab itu, kalian harus pelajari dan pahami dulu dengan seksama profil dari jurusan yang akan kalian pilih. Gali informasi mengenai apa yang dipelajari dalam jurusan tersebut, prospek kerjanya maupun hal – hal teknis yang berhubungan dengan jurusan tersebut. Jangan sampai hanya mengikuti jejak saudara atau orang terdekat.

Gali informasi sebanyak mungkin
Informasi mengenai jurusan yang dituju merupakan hal yang penting. Karena dari informasi itu bisa tahu gambaran umum mengenai jurusan yang dituju. Informasi yang harus digali adlah profil umum jurusan itu, biaya, tingkat keketatan masuknya dan kualitas lulusannya. Informasi dapat diperoleh dari browsing,guru,teman orang tua atau mahasiswa yang pernah kuliah di jurusan tersebut.

Sesuaiakan kemampuan biaya
Kenyataan menunjukkan banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena kendala finansial ini. Jika dana yang kalian miliki belum mencukupi, maka jangan menyerah, masih banyak cara lain untuk menggapai cita – cita. Caranya, dapat mencari beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu/freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana. Jangan jadikan uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan.

Mudah-mudahan bermanfaat...........