SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 22 February 2012

JUS NANAS BAIK UNTUK DIET


Nanas merupakan buah yang cukup familier di Indonesia selain mudah kita temui disekitar kita harganyapun cukup terjangkau. Tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di indonesia dengan masa panen relatif singkat, yaitu antara 2 sampai 3 kali setahun. Walaupun dilihat dari bentuknya yang berduri halus dan terkesan menyeramkan namun tanaman ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita salah satunya adalah untuk diet.
Dalam hal ini nanas membantu pencernaan protein karena buah nanas kaya akan enzim bromelain yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan. Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah untuk diserap oleh tubuh. Meminum air sari nanas, dipercaya dapat menurunkan berat badan dan tentunya tubuh menjadi lebih langsing. Caranya yaitu dengan membuat jus atau memarut nanas dan peras airnya. Agar air sari nanas didapatkan secara maksimal, peras dengan menggunakan potongan kain bersih. Minum air sari nanas dua kali sehari, niscaya dapat melangsingkan tubuh.
Untuk jus ini sebaiknya diminum saat pagi hari atau sebelum berkativitas. Karena nanas mengandung  phitochemicalnya yang dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. Setelah itu sarapanlah dengan makanan yang ringan saja seperti roti yang diberi selai pisang atau susu kental agar stabilitas lambung senantiasa terjaga.
Namun, perlu difahami juga bahwa mulai sarapan yang baik adalah pukul 6 pagi dan batas akhir makan makanan berkarbohidrat adalah pukul 7 malam. Karena setelah pukul 7 malam, sistem pencernaan kita tidak sempurna dalam mencerna makanan sehingga akan tertahan di lambung dan akan menyebabkan kegemukan dan perut buncit. Dengan pola makan yang teratur maka jus yang dikonsumsi akan memiliki manfaat yang maksimal.