SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Monday 13 February 2012

TIPS MEMOTIVASI ANAK UNTUK BELAJAR



Belajar merupakan hal yang penting bagi perkembangan akademis anak. Namun, tak semua anak menyadari hal itu. Banyak anak yang menyepelekan belajar dan bermalas-malasan untuk belajar alhasil nilainya disekolah menurun drastis bahkan hingga tidak naik kelaas. Jika anak malas belajar orang tua memegang peranan yang penting karena anak memerlukan bimbingan orangtua. Berikut adalah tips memotivasi belajar anak :

Terlibatlah dalam kegiatan belajar anak
Saat anak tahu orangtuanya tertarik pada apa yang dilakukannya, anak akan bersemangat untuk mengajak Anda mengikuti seluruh prosesnya. Anak juga akan semakin terpacu untuk memberi hasil yang terbaik. Misalnya menjadi supoter lomba nyanyi di sekolahnya,akan membuat anak menyadari Anda selalu hadir mendampinginya di berbagai kesempatan untuk memberi semangat.

Ajari anak membuat strategi
Strategi dalammbelajar merupkan hal yang penting. Namun, tak semua anak bisa menyusun strategi sendiri karena kemampuannya. Pada saat seperti ini peran orang sangat penting, ajari anak membuat strategi belajar yang sesuai dengan kemampuannya.Bantu anak menentukan skala prioritas serta mencari solusi untuk berbagai masalah yang dihadapi untuk mendapatkan impian prestainya.

Rayakan saat berhasil
Anak akan termotivasi untuk meraih prestasi ketika ada penghargaan atas keberhasilannya. Tidak perlu mahal-mahal yang penting membuat anak terkesan dan selalu diingat. Misalnya membuatkan masakan yang disukainya atau selalu memujinya didepan teman-temannya sehingga anak akan selalu termotivasi untuk lebih baik lagi. Sekecil apapun penghargaan itu akan sangat berarti untuk semangat anak.

Beri semangat saat gagal
Ketika hasil anak belum sesuai target jangan pernah mencemoohnya, karena hal tersebut justru akan membuat anak akan merasa frustasi. Ketika target belum tercapai berilah anak motivasi agar bisa bangkit dari kegagalnnya.

Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Suasana belajar  anak juga akan mementukan motivasi anak untuk belajar. Ketika suasana hati senang maka anak akan belajar dengan senang hati. Misalnya belajar sambil bermain dengan permainan edukatif.

Selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat............