RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMAN 1 Purwantoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi: 3.1.1 Mengidentifikasi kerusakan tanah
3.1.2 Menganalisis dampak kerusakan tanah terhadap
kehidupan
3.1.3 Menjelaskan usaha-usaha untuk mencegah
kerusakan tanah
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
1. Mengidentifikasi kerusakan tanah
2. Menganalisis dampak kerusakan tanah bagi kehidupan
3. Menjelaskan usaha menanggulangi kerusakan tanah
a. Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, Mencintai lingkungan
b. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif
B. Materi Pembelajaran
1. Erosi Tanah dan Dampaknya terhadap Kehidupan
2. Usaha Mengurangi Erosi Tanah
C. Metode Pembelajaran
Contextual teaching, Diskusi, Life skills
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
- Modul pembelajaran Geografi SMA kelas X
- Buku petunjuk praktikum geografi tanah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis unsur-unsur geosfer. | · Mendeskripsikan dan menganalisis proses terjadinya erosi tanah di lingkungan sekitar · Diskusi dampak kerusakan tanah terhadap kehidupan · Menjelaskan usaha-usaha untuk mencegah terjadinya kerusakan tanah | · Amatilah proses erosi tanah yang terjadi karena pengaruh air hujan! Buatlah laporan hasil pengamatanmu! · Diskusikanlah Kerusakan tanah yang ada disekitarmu dan bagaimana upaya penanggulangannya. |
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan 10
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan memberi salam, kemudian melakukan presensi
· Guru memberikan garis besar kegiatan pembelajaran melalui kerangka konsep
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru melakukan tanya jawab gambaran umum kerusakan tanah untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan siswa mengenai kerusakan tanah.
· Bersama-sama mendiskusikan dampak erosi tanah terhadap kehidupan
(nilai yang ditanamkan: kerja keras, jujur, menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Mendiskusikan secara berkelompok mengenai masalah kerusakan tanah dan upaya penanggulangannya.
(nilai yang ditanamkan: kerja keras, jujur, saling menghargai.)
· Membuat kesimpulan hasil diskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan hasil diskusi dari pendapat seluruh kelompok
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai)
· Guru memberikan 5 soal dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Diskusikanlah masalah kerusakan tanah dan bagaimana upaya
penanggulangannya !
Rubrik Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Penguasaan materi | | | | |
Kemampuan melakukan analisis | | | | |
Kemampuan menyampaikan pendapat | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Partisipasi dalam kelompok | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang fenomena geosfer | | | | |
Pemahaman tentang materi | | | | |
Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, Kepala SMAN 1 Purwantoro Drs. H. Hasim Koiman, M.Pd. NIP.19530401 198109 1 003 | Purwantoro, 26 Desember 2011 Guru Mapel Geografi Dony Purnomo, S.Pd. |