SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 23 February 2012

TIPS AMAN BERJEJARING SOSIAL



Saat ini jejaring sosial beraneka ragam jenisnya, dan sebagian besar orang memanfaatkan jejaring tersebut untuk berbagai tujuan. Namun, akhir-akhir ini yang memprihatinkan adalah tindak kriminal dimulai dari hubungan jejaring sosial. Banyak sekali kasus pemerkosaan, penculikan penipuan bahka sampai dengan pembunuhan berawal dari komunikasi jejaring sosial. Agar diri kita aman, maka beberapa hal yang harus diperhatikan saat berjejaring sosial diantaranya adalah:

Jangan menuliskan alamat lengkap
Alamat merupakan hal vital, karena seseorang akan mudah menemui anda di alamat tersebut. Jika memang untuk tujuan bisnis maka usahakan pengaturannya privat. Yaitu hanya teman yang dapat melihat alamat tersebut.

Jangan menuliskan nomor telpon
Saat ini setipa orang memiliki telpon baik selular maupun telepon rumah. Jangan tuliskan nomor telpon secara lengkap dijejaring sosial sehingga akan meminimalisir tindak kejahatan orang iseng. Karena beberapa kasus yang terjadi berawal dari jejaring sosial kemudian berhubungan via telpon dan akhirnya terjadilah tindak kejahatan

Gunakan foto yang sopan
Setiap jejaring sosial biasanya terdapat foto profil atau koleksi foto pengguna. Nah, saat mengupload foto usahakan foto dengan pakaian sopan tidak menimbulkan nafsu bagi para pengunjungnya. Karena jika hal tersebut disepelekan maka akan menimbulkan bahaya bagi anda utamanya para wanita.

Waspada saat login dikomputer warnet
Menggunakan jejaring sosial diwarnet sangat beresiko terhadap keamanan pasword anda, karena saat ini banyak dijumpai software yang bisa menjebol pasword pengguna yang pernah login ditempat tersebut. Ketika menggunakan warnet maka segeralah mengganti pasword secara berkala dan saat logout pastikan alamat email tidak muncul di jejaring sosial tersebut.

Selektif menerima pertemanan
Dalam menerima pertemanan jangan lupa lihat terlebih dahulu profilnya, ketika anda benar kenal dan yakin maka terimalaha permintaan pertemanan tersebut. Karena jika orang yang anda terima pertemanannya ternyata berniat jahat akan membahayakan diri anda. Usahakan seteliti mingkin dalam menerima pertemanan.

Mudah-mudahan bermanfaat dan kita senantiasa aman saat berjejaring sosial. Mari gunakan jejaring sosial tersebut dengan sebijak mungkin.