SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 28 February 2012

FAKTOR PENGHAMBAT LULUS KULIAH


Setiap mahasiswa yang menempuh kuliah pasti menginginkan lulus secepat mungkin. Namun, kadang harapan tak sesuai dengan kenyataan. Tak sedikit mahasiswa yang menempuh kuliah justru berlarut-larut tak kunjung lulus bahkan ada yang terancam droup out karena jangka waktu masa studi telah habis. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang menghambat kelulusan mahasiswa:

Larut dalam pekerjaan
Masa-masa kuliah merupakan masa untuk beburu pengalaman. Tak sedikit mahasiswa yang mencoba peruntungan di dunia kerja. Namun, hal tersebut justru menjadi penghalang besar untuk segera menyelesaikan studi karena sibuk dengan pekerjaannya sehingga tak ada waktu untuk kuliah. Jika menginginkan kuliah sambil kerja usahakan mencari pekerjaan paruh waktu yang mendukung bidang kuliahnya. Misalnya kuliah di broadcasting pekerjaan yang dipilih magang di televisi atau radio. Sehingga dengan pekerjaan itu mendapatkan pengalaman untuk menunjang kompetensinya dan juga mendapatkan tambahan uang saku.

Memelihara rasa malas
Rasa malas ini sangat berbahaya jika terus dipelihara, karena lambat laun akan menghancurkan studi anda. Mahasiswa yang malas biasanya ogah-ogahan dalam kuliah, sehingga IP nya pun juga tak membanggakan. Ketika rasa malas itu datang segera usir jauh-jauh sehingga tidak meracuni gaya hidup anda.

Larut dalam urusan cinta
Cinta dalam dunia perkuliahan bisa menjadi madu tetapi juga bisa menjadi racun, tergantung orang yang menjalaninya. Namun, kadang urusan cinta ini justru menghambat kuliah karena terlalu sibuk dengan kegiatan pacaran sehingga kuliahnya menjadi terbengkelai. Jika memang memiliki pacar, hindari kegiatan yang dapat mengganggu kuliah. Usahakan kegitan yang dilakukan mendukung perkuliahan.

Sibuk dengan kegiatan kemahasiswaan
Masa kuliah adalah masa untuk menyalurkan idealismenya sehingga sebagian mahasiswa mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di kampus. Namun, kadang idealisme untuk mengkritik kebijakan-kebijakan tak diiringi mengkritik dirinya sendiri untuk segera menyelesaikan studinya. Tak sedikit mahasiswa yang kuliahnya berlarut-larut karena terlalu aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan akhirnya menyepelekan kuliahnya dengan alasan untuk pengembangan diri. Aktifis yang baik adalah aktifis yang mberprestasi dan lulus tepat waktu. Selain dapat mengkritik kebijakan orang lain juga harus mampu mengkritik dirinya sendiri.

Membuat masalah di kampus
Dalam kehidupan tak bisa dipisahkan dari masalah, begitupula dengan dunia perkuliahan. Kadang ada idealisme atau kepentingan yang bersinggungan dengan dosen sehingga menimbulkan masalah. Ketika terjadi masalah segera selesaikan agar tidak berlarut-larut. Lulus tidaknya mahasiswa tergantung pada dosen, karena dosen memegang otoritas terhadap nilai mahasiswa. Hindari masalah dengan dosen, ketika terjadi masalah segera selesaikan masalah tersebut agar tidak menghambat kuliah.

Tetaplah bersemangat dalam menggapai mimpi sesulit apapun dunia perkuliahan ketika dijalani dengan baik dan sungguh-sungguh pasti pintu kesuksesan akan senantiasa terbuka.