SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 7 February 2012

TIPS MEMILIH CINCIN UNTUK PASANGAN



Ketika kita membicarakan cincin maka kita langsung tertuju pada benda mungil yang melingkari jari. Walaupun benda ini kecil, namun syarat dengan makna di dalamnya. Dalam sebuah  pertunangan cincin melambangkan sebuah janji, cincin pertunangan pula membawa makna bahwa janji tersebut telah dipenuhi iaitu melalui pernikahan itu sendiri. Janji untuk saling mengasihi, berkorban, setia, dan bersedia untuk sehidup sampai mati. Sedangkan dalam  pernikahan merupakan pemenuhan janji dalam pertunangan tersebut.  Selingkar metal ini adalah perhiasan yang sangat kuat dan berarti. Lingkar yang tidak terputus melambangkan kasih yang kekal, dan mengalir terus menerus, tak berakhir. Kehadiran cincin yang setia di jari pasti mengingatkan kembali memori sewaktu pernikahan. Di sebalik nilai dan erti sebentuk cincin, reka bentuk yang bagaimanakah yang sesuai dipilih bagi membolehkan ia sentiasa tersarung di jari manis pasangan sepanjang masa dan selamanya. Berikut adalah tips memilih cincin yang terbaik untuk pasangan:

Pertimbangkan 4 C
4C merupakan singkatan dari ‘Cut’ (potongan), ‘Clarity’ (kejelasan), ‘Colour’ (warna), dan ‘Carat’ (karat). Banyak jenis batuan boleh dipilih bagi menghiasi cincin pernikahan. Namun berlian masih menjadi pilihan utama cincin pertunangan dan pernikahan.
  • Cut merupakan Keindahan sinar dan gemerlapnya berlian terletak pada potongannya. Karakternya yang keras membolehkannya dipotong dengan bahagian hujung bawah yang meruncing.
  • Clarity merupakan kejelasan dan kebeningan berlian. Semakin tiada cacat cela, maka semakin mahal berlian tersebut.
  • Colour merupakan warna pada berlian. Grade yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kebeningan berlian tertinggi adalah D, sementara Z adalah yang terendah atau dalam kata lain, yang paling tidak bersih/ ‘kotor’.
  • Carats adalah penunjuk berat dan ukuran berlian.

Pilih berdua dengan pasangan
Cincin untuk pasangan harus benar-benar sesuai dengan keinginan pasangan. Dan alangkah baiknya jika dipilih bersama pasangan agar sesuai dengan keinginan pasangan anda. Jangan sampai barang yang kita beli ini tidak sesuai dengan kehendak dan selera pasangan anda.

Pilih toko terpercaya
Toko merupakan hal yang harus dipertimbangkan dalam pembelian, karena jangan sampai mendapatkan barang yang mahal namun kualitasnya rendah. Toko yang kredibilitasnya baik biasanya tidak akan menjual barang yang kualitasnya buruk dengan harga yang mahal.

Sesuaikan dengan gaya hidup
Gaya hidup merupakan salah satu pertimbangan dalam menentukan cincin yang tepat. Karena tidak semua cincin sesuai dengan gaya hidup anda. Jangan sampai ketika menggunakan cincin tersebut justru kelihatan tidak pantas dan terkesan norak.