SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 16 February 2012

POSISI TIDUR YANG MEMBAHAYAKAN KESEHATAN



Tidur merupakan rutinitas yang kita lakukan sehari-hari. Mengenai tidur ini, tidak ada aturan baku dan ketat yang diberlakukan, karena istirahat tidur ini tergantung pada usia, jenis pekerjaan, temperamen setiap individu. Saat tidur kadang kita tidak pernah mempedulikan posisi kita. Bagitu ditempat tidur langsung merebahkan badan semau kita. Alhasil saat bangun badan justru merasa sakit dan membuat tubuh tidak fresh.  Mmeperhatikan posisi tidur merupakan hal yang penting karena posisi tidur dapat memengaruhi kesehatan seseorang.  Berikut adalah beberapa posisi tidur yang membahayakan kesehatan kita:

Tidur berbaring dengan posisi telentang
Posisi ini bebahaya karena pada saat telentang beban tubuh menekan atau menyesakkan tulang punggung. Menurut Prof. Dr. Yosihiro seorang peneliti dari jepang menjelaskan bahwa saat tidur tentang menimbulkan susah bernafas,tersedak,pencernaan terganggu menyebabkan kita ingin ke toilet/WC dan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian Pada posisi ini alangkah baiknya jika menyisipkan bantal di bawah dengkul kaki bermanfaat untuk mengurangi beban punggung bagian bawah.

Tidur tengkurap
Ini adalah posisi tidur yang paling buruk karena menekan jantung, paru-paru dan perut sehingga dapat menyebabkan sesak nafas atau dada terasa sakit. Namun, bila karena sesuatu hal Anda harus tidur tengkurap, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang.

Miring ke kiri
tidur dengan posisi miring ke kiri akan membebani jantung dengan berat badan Anda. Pada saat yang sama, jantung masih harus memompa darah. Hal ini mengakibatkan kelelahan jantung yang dapat berakibat fatal dalam jangka panjang.

Posisi melengkung
Menurut Dr Olson dalam posisi ini, sikap yang tidak baik adalah saat menarik lutut tinggi-tinggi dengan dagu terselip di dada Anda. Posisi ini akan membuat Anda rematik atau terserang gangguan sendi saat pagi hari. Selain itu menurut  Dody Chang, seorang ahli akupunktur di Greenwich Hospital posisi melengkung ini juga membatasi pernapasan diafragma. Tak hanya itu saja, jika Anda sering menggunakan posisi ini, maka akan menimbulkan kerutan di wajah serta payudara yang mengendur.

Posisi tidur sangat penting bagi kesehatan,  tidur tak hanya berpengaruh pada kesehatan tulang, tapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang baik maka tubuhnya pun akan jauh lebih sehat karena tidak rentan terhadap serangan penyakit. Mudah-mudahan bermanfaat.