SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 12 February 2012

PEMANFAATAN CITRA UNTUK PEMBELAJARAN



Citra Inderaja sebagai produk kemajuan teknologi akan membantu pemahaman akan materi-materi yang ada dalam pelajarn geografi. Sebagi media pengajaran citra memiliki beberapa kegunaan yaitu antar alain :
A.   Sebagai alat untuk menemukan fakta
Citra inderaja menyajikan gambaran lengkap sehingga dapat digunakan sebagai sumber data yang cepat dan akurat. Karena sangat lengkap dan tingkat abstraksinya sangat rendah, maka dapat digunakan untuk menerangkan berbagai tema dan pokok bahasan dalam pelajaran geografi

B.     Sebagai alat pemerian atau diskripsi
Oleh karena citra inderaja menyajikan gambaran sinoptik maka ia alat yang baik dalam memerikan sesuatu gejala,obyek,atau daerah. Citra inderaja dapat dimanfaatkan sebagi alat ilustrasi dalam memahami lingkungan sekitar maupun sebagai alat dalam penelitian geografi.

C.     Sebagai dasar penjelasan
Citra inderaja dapat memberikan gambaran lengkap dengan ujud dan letak persisis seperti keadaan asliunya dipermukaan bumi. Merupakan alat yang baik dalam memhami letak dan susunan gejala dipermukaan bumi. Citra inderaja sangat membantu dalam penanaman aspek keruangan dan aspek waktu dalam pelajaran geografi

D.    Kegunaan yang lain
Citra inderaja dapat digunakan untuk koreksi peta,karena peta yang ada sekarang adalah peta-peta buatan lama, sehingga perlu direvisi.

Mengingat pentingnya peranan penginderaan jauh khususnya citra inderaja, maka sebaiknya penggunaan citra inderaja sebagai media pengajaran sudah digunakan sejak sekolah menengah pertama (SMP). Karena pada tahap ini siswa sudah diberi materi tentang pengaruh keadaan geografi letak, luas, bentuk wilayah, ciri-ciri alami, maupun keadaaan penduduk terhadap kehidupan bangsa. Melalui citra inderaja guru dapat memperlihatkan daerah pegunungan, dataran rendah dengan berbagai karakteristiknya.