SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 25 February 2012

KRONOLOGI BUSWAY LINDAS POLISI HINGGA TEWAS



Kejadian terlindasnya polisi yang terlindas busway hangat dibicarakan di media masa cetak maupun elektronik. Kejadian ini terjadi hari Kamis (23/2) malam dekat Halte Pedati di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur. Korban dalam kecelakaan ini Komisaris Polisi Jonas Ambarta. Menurut berita yang dirilis liputan6.com bahwa Saat itu, korban melaju di jalur arteri dari arah Cawang menuju Tanjungpriok. Tubuh korban langsung disambar bus TransJakarta yang dikemudikan Marlon Brando. Bus itu juga melaju dari arah yang sama. Jasad perwira polisi yang masih mengenakan pakaian dinas itu langsung dievakuasi ke kamar jenazah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Sementara sopir dan bus TransJakarta diamankan aparat Satlantas Polres Metro Jakarta Timur.

Saat ini, kasus kecelakaan itu sudah diambil alih Polda Metro Jaya. Begitu juga dengan seluruh barang bukti berupa bus TransJakarta B 7024 IS dan motor Honda Revo B 6610 BUM milik anggota Sarana dan Prasarana Mabes Polri itu. Namun, hingga saat ini kecelakaan tersebut masih dalam proses penyelidikan  untuk memastikan apakah kejadian ini disebabkan karena faktor kelalaian sopir TransJakarta, atau kelalaian korban yang masuk di jalur khusus transportasi massal tersebut.

Mudah-mudahan kasus serupa tidak terjadi lagi, karena deretan kasus kecelakaan busway akhir-akhir ini sudah cukup menambah deretan panjang kecelakaan lalu lintas bus angkutan masal ini. Hendaknya, selain aman untuk penggunanya sendiri juga aman untuk pengguna jalan yang lain sehingga tercipta sarana transportasi yang aman dan nyaman untuk semuanya.