SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 24 January 2012

ANALISIS KINERJA JASA TRANSPORTASI BUS KOTA TRAYEK KARTASURA PALUR TAHUN 2010


ABSTRAK

Dony Purnomo, ANALISIS KINERJA JASA TRANSPORTASI BUS KOTA TRAYEK KARTASURA-PALUR TAHUN 2010. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta 2011

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui permintaan bus kota trayek Kartasura-Palur berdasarkan jumlah penumpang. (2) Untuk mengetahui kinerja jasa transportasi bus kota trayek  Kartasura – Palur Tahun 2010.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif spasial. Satuan analisis yang digunakan adalah jalur bus kota trayek Kartasura-Palur yang terdiri dari empat jalur yaitu: jalur NUSA A, ATMO, SURYA KENCANA A dan DAMRI B. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling yaitu pengambilan sampel responden berdasarkan kemudahan untuk mendapatkan data. Pemilihan teknik sampling ini untuk mempermudah dalam pengambilan data yang berkaitan dengan kinerja pelayanan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah hubungan spasial antara jalur bus kota dengan sebaran fasilitas umum menghasilkan peta keterjangkauan PO. NUSA A, peta keterjangkauan PO. ATMO, peta keterjangkauan PO. SURYA KENCANA A dan peta keterjangkauan DAMRI B. Analisis spasial permintaan bus kota menghasilkan peta tingkat permintaan bus kota pada jam sibuk dan diluar jam sibuk. Analisis spasial kinerja bus kota menghasilkan peta tingkat kinerja bus kota. Teknik analisis yang lain adalah membandingkan kebutuhan bus kota dengan jumlah penumpang yang ada, skoring indikator kinerja bus kota dan tabulasi silang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Permintaan PO. NUSA A, PO. SURYA KENCANA A, DAMRI B pada jam sibuk adalah sebesar 42,31%, pada PO. ATMO permintaan jam sibuk adalah sebesar 50%. Permintaan PO. NUSA A diluar jam sibuk adalah sebesar  38,46%,  permintaan PO. ATMO diluar jam sibuk sebesar 42,31%, permintaan PO. SURYA KENCANA A luar jam sibuk adalah sebesar 34,62%, permintaan DAMRI B diluar jam sibuk sebesar 38,46%. Penurunan permintaan pada jam sibuk dan diluar jam sibuk dipengaruhi oleh dominasi sekolah pada jangkauan bus kota trayek Kartasura-Palur sehingga ketika jam sibuk permintaan bus kota didominasi oleh anak sekolah. (2) Kinerja bus kota trayek Kartasura-Palur memiliki kategori baik. Hal ini ditinjau dari dua aspek yaitu kinerja operasional dalam kategori baik dan kinerja pelayanan dalam kategori sedang. Variabel yang mempengaruhi kinerja pelayanan adalah keamanan, pelayanan awak dan kenyamanan bus kota. Sedangkan pada kinerja operasional variabel yang mempengaruhi adalah headway dan waktu tunggu penumpang.