SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 26 January 2012

Pemahaman Geographics Information System

GIS merupakan akronim dari:
• Geography
Istilah ini digunakan karena GIS dibangun berdasarkan pada ‘geografi’ atau ‘spasial’. Object ini mengarah pada spesifikasi lokasi dalam suatu space. Objek bisa berupa fisik, budaya atau ekonomi alamiah. Penampakan tersebut ditampilkan pada suatu peta untuk memberikan gambaran yang representatif dari spasial suatu objek sesuai dengan kenyataannya di bumi. Simbol, warna dan gaya garis digunakan untuk mewakili setiap spasial yang berbeda pada peta dua dimensi. Data Spasial berupa titik, garis, poligon (2-D), permukaan (3-D).
Data Spasial (Source: Purwadhi, 1997)
ü  Format Titik Format Garis
- Koordinat tunggal - koordinat titik awal dan akhir
- Tanpa panjang - mempunyai panjang tanpa luasan
- Tanpa luasan
Contoh:
- lokasi kecelakaan - jalan, sungai
- Letak pohon – utility
ü  Format Poligon Format Permukaan
- koordinat dengan titik awal - area dengan koordinat vertikal dan akhir sama mempunyai panjang dan luasan - area dengan ketinggian
Contoh:
- tanah persil - peta slope
- bangunan - bangunan bertingkat

Tingkat Model Data Spasial:
Ø  Gambar kenyataan (reality): persis seperti yang kita lihat;
Ø  Gambar abstrak (conceptual);
Ø   Gambar kejadian tertentu (logical): berbentuk diagram atau tabel;
Ø  Berkas struktur fisik (physical): bentuk penyimpanan pada perangkat keras

• Information

Informasi berasal dari pengolahan sejumlah data. Dalam GIS informasi memiliki volume terbesar. Setiap object geografi memiliki setting data tersendiri karena tidak sepenuhnya data yang ada dapat terwakili dalam peta. Jadi, semua data harus diasosiasikan dengan objek spasial yang dapat membuat peta menjadi intelligent. Ketika data tersebut diasosiasikan dengan permukaan geografis yang representatif, data tersebut mampu memberikan informasi dengan hanya mengklik mouse pada objek. Perlu diingat bahwa semua informasi adalah data tapi tidak semua data merupakan informasi.

• System
Pengertian suatu sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berintegrasi dan berinterdependensi dalam lingkungan yang dinamis untuk mencapai tujuan tertentu.