SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 11 January 2012

Konsep Geografi

       I
       Konsep adalah pengertian dari sekelompok fenomena/gejala-gejala, sehingga dapat dipakai untuk           menggambarkan berbagai gejala/fenomena yang sama. Ada 10 konsep esensial (dasar) geografi, yaitu:
a.       Konsep Lokasi
yaitu letak di permukaan bumi
Letak absolute : Letak suatu tempat ditinjau dari letak astronomis (lintang dan bujur). Contoh Indonesia terletak antara 950 BT-1410 BT dan 60LU-110LS.
Letak relatif : letak suatu tempat ditinjau dari tempat yang lain. Contoh Indonesia berada di antara benua Asia dan Australia.

b.      Konsep Jarak
yaitu jarak dari satu tempat ke tempat lain. Konsep jarak dibagi menjadi dua yaitu
jarak absolute : Jarak antara dua tempat yang ditarik garis lurus atau jarak sebenarnya. Contoh jarak antara kota A dan B adalah 150 km
jarak relative: jarak anatara dua tempat dengan pertimbangan tertentu misal waktu, aksesibilitas dan biaya. Contoh: Jarak antara kota A dan B ditempuh dengan waktu 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.

c.       Konsep Keterjangkauan
yaitu mudah tidaknya keterjangkauan suatu tempat. Contoh: untuk menuju Semarang lebih mudah dari Solo di banding dari Karimunjawa. Karena sarana dan prasarana transportasi Solo-Semarang lebih mudah.

d.      Konsep Pola
yaitu persebaran fenomena antara lain. Contoh: Pola permukiman di pegunungan menyebar, di pantai sesuai garis pantai

e.       Konsep Morfologi
yaitu konsep yang berkaitan dengan fauna bentuk permukaan bumi, sebagai akibat tenaga eksogen dan endogen.
Contoh : Pegunungan, lembah, dataran rendah.

f.       Konsep Aglomerasi
yaitu pola-pola pengelompokan/konsentrasi. Misalnya, pengelompokan industry, pengelompokan permukiman.

g.      Konsep Nilai Kegunaan
yaitu nilai suatu tempat mempunyai kegunaan yang berbeda-beda dilihat dari fungsinya.Misalnya, tempat wisata memiliki manfaat yang berbeda.

h.      Konsep Interaksi dan Interdependensi
yaitu keterkaitan dan ketergantungan satu tempat dengan tempat lainnya. Misalnya: Kota membutuhkan hasil pertanian sedangkan di desa membutuhkan pakaian sehingga saling membutuhkan.

i.        Konsep Deferensiasi Areal
yaitu fenomena yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya atau kekhasan suatu tempat.Misalnya, di pantai penghasil garam sedangkan pertanian daratan tinggi penghasil sayuran.

j.        Konsep Keterkaitan Keruangan (Asosiasi)
yaitu menunjukkan derajad keterkaitan antar wilayah, baik mengenai alam atau sosialnya.