PERUBAHAN LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMAN 1 Purwantoro
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan
Perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.1.1 Mengidentifikasi struktur dan pemanfaatan litosfer
3.1.2 Berbagai bentuk muka bumi akibat tenaga endogen
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
1. Menganalisis struktur lithosfer
2. Mendeskripsikan pemanfaatan lithosfer
3. Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi
a. Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
b. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B. Materi Pembelajaran
1. Struktur Lithosfer
2. Pemanfaatan Lithosfer
3. Bentuk Muka Bumi Akibat Proses Diatropisme
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
1. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
2. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA
3. Buku sumber Modul MGeografi SMA
4. Buku-buku penunjang yang relevan
5. Gambar/foto bentuk muka bumi
6. Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menganalisis unsur-unsur geosfer. | · Mengamati gambar/model tentang jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi · Mengidentifikasi dan mengamati gambar bentuk muka bumi | · Siswa dapat Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi |
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru menyuruh siswa menyebutkan bentuk-bentuk muka bumi.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru menjelaskan pengertian litosfer dan strukturnya .
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Mendiskusikan jenis pemanfaatan litosfer bagi kehidupan.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
· Tanya jawab mengenai pengertian tenaga endogen dan macam-macam tenaga endogen.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
· Mendiskusikan bentuk-bentuk muka bumi akibat proses diatropisme
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
· Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Perubahan Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan” dan mengerjakan soal evaluasi akhir bab. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
F. Penilaian
I. Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai pemanfaatan litosfer dan bentuk muka bumi akibat proses diatropisme.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman materi pembahasan | ||||
Kemampuan melakukan analisis | ||||
Kemampuan menyampaikan pendapat | ||||
Partisipasi dalam diskusi | ||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, Kepala SMAN 1 Purwantoro Drs. H. Hasim Koiman, M.Pd. NIP.19530401 198109 1 003 | Purwantoro, 26 Desember 2011 Guru Mapel Geografi Dony Purnomo, S.Pd. |