SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 22 January 2012

TIPS MENYUSUN PRESENTASI SPEKTAKULER

Tampilan dalam presentasi merupakan hal yang penting, karena dari situlah tergambar bagaimana kemampuan orang yang mempresentasikan. Jika presentasi tidak menarik maka para audien akan merasa bosan dan malas untuk memperhatikan apa yang dipresentasikan.  Mempersiapkan mental maupun mempersiapkan hal-hal yang akan dibicarakan dalam presentasi merupakan hal yang penting. Namun, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu persiapan alat bantu presentasi. Alat bantu presentasi adalah alat-alat pendukung yang dapat digunakan dalam presentasi agar pesan yang ingin kita sampaikan ke penonton akan lebih mudah ditangkap. Beberapa tips agar presentasi menarik dan spektakuler:

Gunakan background yang sesuai
Tampilan background harus disesuaiakan dengan suasana dan tujuan presentasi. Jika Anda ingin menyajikan topik serius jangan gunakan latar belakang yang sangat menyala/cerah. Dalam kasus ini akan lebih baik menggunakan warna gelap.Karena  saat melihat slides putih menyala selama dua puluh menit dapat melelahkan mata.

Gunakan theme slide yang sederhana
Template yang digunakan juga harus disesuaiakan dengan tujuan presentasi. Dengan slide yang sederhana maka para penonton akan memfokuskan pandangannya pada apa yang dipresentasikan.

Gunakan jenis font yang umum
Sebuah presentasi bukan tempat untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kolektor font. Gunakan font yang umum karena suatu hari presentasi Anda mungkin perlu diberikan pada komputer yang memiliki koleksi fonts yang berbeda dengan komputer Anda.

Gunakan bullets
Penggunaan bullet merupakan hal yang penting namun banyak orang tidak menggunakan bullet. Mereka mungkin mengatakan bahwa mereka mempunyai informasi yang sangat spesifik dan bullets tidak akan banyak memberikan point. Daripada bullet, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk menampilkan dan membaca block dari text terlihat ‘berat’.

Minimalisir kuantitas teks
Terlalu banyak menggunakan teks akan membuat audiens malas. Gunakan diagram dan grafik untuk menjelaskan tren dan data numerik. Jika anda berfikir bahwa anda perlu paragrap panjang untuk menjelaskan suatu point, maka guankan diagram dan grafik sebagai gantinya.

Buatlah slides yang printable
Sesuaikan text dan grafik teks dan grafik pada slides untuk membuatnya printable. Pada beberapa kasus, anda akan membagikan slides tersebut kepada audiens anda, sehingga akan memudahkan audiens untuk membaca slides yang anda sajikan.

Selamat mempraktekkan...............!