SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 22 January 2012

COKLAT MAKANAN NIKMAT KAYA MANFAAT


Coklat banyak digemari oleh sebagian besar orang dengan berbagai olahannya. Coklat sudah terkenal sejak zaman suku Aztec dan Maya di Mexico telah mempercayai bahwa coklat merupakan makanan para dewa yang dikirimkan oleh Dewa Pertanian dari surga karen rasanya yang khas dan nikmat. Sebagian orang takut mengkonsumsi coklat karena takut merusak gigi dan gemuk, hal itu juga tidak salah. Namun, coklat juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita. Kandungan biji coklat adalah alkanoid yang menyebabkan rasanya menjadi pahit. Selain itu biji coklat juga mengandung protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. 9% Protein yang terkandung dalam biji coklat itu memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Berbagai manfaat coklat bagi kesehatan adalah :

Menyehatkan Jantung
Peneliti dari Boston meneliti pengaruh makan cokelat pada penyakit jantung pada wanita Swedia  dan menemukan bahwa cokelat dapat mengurangi resiko gagal jantung. Wanita yang makan rata-rata satu sampai dua porsi cokelat kualitas tinggi per minggu memiliki resiko gagal jantung lebih rendah 32% dari wanita normal yang tidak makan cokelat. Dan memiliki resiko 26% lebih rendah jika mengkonsumsi 1-3 porsi per bulan.

Mencegah penyakit kanker.
untuk mencegah penyakit kanker yang sangat berbahaya dan mematikan bagi manusia ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan, yaitu hanya dengan makan coklat. Cokelat yang ddipercaya dapat membunuh sel-sel kanker adalah coklat hitam atau dark chocolate.

Mencegah darah tinggi dan stroke.
Cokelat sudah diteliti secara ekstensif selama lebih dari satu dekade terakhir mengenai manfaat cokelat bagi jantung dan pembuluh darah. Dan baru pada satu bulan terakhir diketahui bahwa cokelat (chocolate) dapat menurunkan resiko terkena stroke. Jenis coklat yang berikan pada 1,568 orang coba yaitu cokelat putih, milk, dan dark chocolate.

Menstimulasi Sel Saraf
cokelat juga mengandung theobromine, senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan yang dapat menstimulasi sel saraf sehingga menimbulkan perasaan bersemangat dan segar. 

 Menangkap radikal bebas dari dalam tubuh
Cokelat mengandung fenol dan flavonoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menjaga tubuh awet muda.

Melihat besarnya manfaat maka saat ini coklat diproduksi dengan berbagai olahan dalam jumlah yang besar.
Terima kasih telah berkunjung mudah-mudahan bermanfaat.......