Dari Beberapa pendapat ahli media ternyata terdapat perbedaan mengenai taksonomi media berikut perbedaan pendapat pada rahli media
Perbedaan
Menurut | Pendapat | Penekanan Pendapat |
Rudy Bretz | Mengklasifikasikan ciri utama media menjadi 3 unsur yaitu: visual, suara dan Gerak Mengklasifikasikan media menjadi 8 yaitu : Media audiovisual gerak, media audio visual diam, media visual gerak, media visual diam, media semi gerak, madia audio, media cetak | Rudy bretz menekanan Pada media yang digunakan dalam mengajar |
Duncan | Hierarki media menurut Duncan memepertimbang kan aspek aspek antar lain : biaya, kelangkaan, keluesan, cakupan sasaran, pengadaan, kemudahan | Duncan menekankan pada pemanfaatan media dalam pemanfaatanya dalam pendidikan menurut kerumitan perangkat media. Semakin tinggi satuan biaya, sekin umum sifat penggunanya, sebaliknya semakin mudah dan luwes penggunanya, maka semakin mudah dan luwes penggunanya. |
Briggs | Briggs mengidentifikasi media menjadi 13 yaitu : obyek, model, suara langsung, rekaman audio, media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparansi, film rangkai, film , Tv, Gambar TV | Briggs lebih mengarah pada karakteristik siswa, tugas instruksional, bahan dan transmisinya. serta stimulus respon yang tercipta dari media tersebut |
Gagne | Gagne membuat 7 macam pengelompokanmedia yairu : benda untuk didemonstrasikan, komunikasilisan, media cetak, gambar diam, gambar gerak, film bersuara, dan mesin belajar. | Gagne menekankan pada kemampuan siswa memenuhi fungsi menurut tingkatan hierarki belajar yang dikembangkan |
Schramm | Mengklasifikasikan media menjadi media yang mahal, murah dan sederhana | Penekanan media menurut Schramm berdasarkan kerumitan media dalam penggunaanaya. |
Endling | Menurut Edling media merupakan bagian dari 6 unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk penglaman audio yanag meliputi modifikasi visual dan modifikasi obyektif audio | Dalam hal pemilihan media menurut kemampuan siswa berdasarkan kerucut pengalaman menurut edgar dale |