Anak bangsa yang memiliki cita-cita sederhana untuk mencerdaskan bangsa

Saturday, 14 January 2012

TIPS JITU MENEMBUS BEASISWA KELUAR NEGERI


Memperoleh kesempatan untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri merupakan impian sebagian besar orang. Dengan mendapatkan beasiswa tersebut bisa melanjutkan studi keluar negeri dengan gratis. Karena biasanya beasiswa keluar negeri semua biaya sudah ditanggung termasuk biaya hidup selama di luar negeri. Selain itu, kebanggaan tersendiri bisa mendapatkan gelar akademis dari universitas terkemuka di luar negeri. Kemudian bagaimana tips agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut? Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk bisa lolos beasiswa ke luar negeri:

Update Informasi
Hal yang harus dilakukan ketika ingin mencari baeasiswa adalah informasi mengenai beasiswa yang diinginkan. Kita bisa mencarinya dengan googling di internet, menjadi anggota mailing list beasiswa, koran, kedutaan besar. Bagi dosen atau guru, info dapat diperoleh di universitas masing-masing dan departemen pendidikan nasional. Bagi rekan-rekan PNS info bisa diperoleh di kantor masing-masing, Bappenas/Bappeda, Sesneg, dan sumber-sumber yang lain.

Persiapkan Bahasa Yang Memadai
Kemampuan bahasa asing sangat penting guna kelancaran studi karena kita akan sekolah di tempat lain dimana bahasa asing digunakan. Kebanyakan program beasiswa dilaksanakan dengan bahasa Inggris, sehingga dari kemampuan dasar bahasa inggris dalam surat menyurat, perbincangan, menulis, hingga TOEFL® (Test of English as a Foreign Language) atau IELTS (International Language Testing System) sangatlah penting. Kemahiran bahasa tidak didapat dalam satu atau dua bulan, perlu berbulan-bulan guna persiapannya.
                                                  
Sesuaikan Kemampuan Dengan Pilihan Jurusan
Kemampuan merupakan pertimbangan yang penting dalam memilih jurusan di luar negeri. Jangan sampai mengambil jurusan yang tingkat kesulitannya di luar kemampuan anda. Karena beasiswa biasanya memiliki batasan waktu tertentu. Jika tidak lulus sepert yang ditargetkan biasanya harus membayar sendiri waktu diluar waktu yang telah ditentukan tersebut.

Persiapkan Dokumen
Dokumen kelengkapan merupakan hal yang penting, karena dokumen itulah yang akan menghantarkan anda pada universitas tujuan. Disitulah gambaran diri anda dilihat. Dokumen yang harus dipersiapkan biasanya Form aplikasi, Ijazah dan transkrip nilai, Curriculum Vitae, Surat rekomendasi, Motivation Letter atau Statement of Purpose. Usahakan semua dokumen tersebut menggunakan bahasa inggris. Seorang penilai akan mengambil keputusan lolos tidaknya dalam seleksi dokumen adalah dari dokumen yang anda kirimkan.

Berdoa Dan Tawakal
Setelah anda melakukan usaha yang tidak kalah pentingya adalah berdoa. Mudah-mudahan Tuhan mengabulkan apa yang menjadi harapan anda.

Selamat mencoba dan sukses selalu.........