SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 17 January 2012

Kesalahan Dalam Wawancara Yang Wajib Dihindari


Wawancara merupakan hal yang paling mendebarkan bagi seorang pelamar kerja. Karena dalam tahap inilah penentuan diterima atau tidaknya untuk bekerja. Tak sedikit pelamar kerja yang gagal pada tahap ini. Karena pelamar kerja menunjukkan sikap yang kurang menyenangkan atau salah tingkah saat wawancara. Jangan sampai gagal ditahap akhir karena kesalahan saat wawancara. Beberapa hal yang harus dihindari saat wawancara yaitu:

Datang Terlambat
Wawancara merupakan kesempatan memberikan kesan terbaik, apabila datang tepat waktu saat tes wawancara. Jika belum tahu tempat dilaksanakannya tes , maka tidak ada salahnya jika mencari tahu tempat wawancara sehari sebelumnya.

Salah Kostum
Sebagian orang kostum mencirikan kepribadian seseorang, saat wawancara usahakan menggunakan pakaian yang pantas dan menarik sesuai konteks perusahaan yang dituju. Karena penampilan yang baik biasanya dijadikan sebagai salah satu pertimbangan untuk menerima tidaknya pelamar.

Duduk Membungkuk
Sikap duduk membungkuk menunjukkan terlihat malas. Menurut artikel dari Body Language for Dummies, sikap duduk membungkuk juga menunjukkan kalau kurang percaya diri n   tidak tertarik dengan pekerjaan itu. Sikap duduk akan mempengaruhi tes wawancara. Posisi duduk yang tepat adalah tegap dan lurus selama tes berlangsung.

Mengabaikan Sopan Santun
Sopan santun merupakan hal yang paling penting. Ketika masuk ruangan jangan lupa memberikan salam  dan memberikan senyuman kecil ketika pertama kali bertemu dengan pewawancara. Terakhir jangan lupa mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan itu dan memberikan salam saat meninggalkan ruangan.

Hindari kesalahan-kesalahan di atas agar bisa berhasil dalam mengikuti wawancara, mudah-mudahan berhasil dan sukses selalu....