SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 20 January 2012

MENGENAL LEBIH DEKAT 10 BESAR UNIVERSITAS TERBAIK DUNIA



Ketika kita berbicara tentang universitas terbaik dunia maka fikiran kita langsung tertuju pada universitas-universitas terkemuka di luar negeri, pasalnya universitas di Amerika telah melegenda dan terkenal bagus di seluruh dunia.Misanya universitas Harvard yang tetap bertengger pada peringkat satu hingga saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Amerika setingkat universitas patut diacungi jempol. Berikut adalah peringkat 10  besar yang masuk dalam kategori universitas terbaik dunia:

1.      Harvard University, Cambridge, Massachusetts, Amerika
Harvard University adalah salah satu universitas tertua dan terkenal di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada 8 September 1636. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge. Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat Universitas Yale, pesaing terdekatnya).
Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. Universitas Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama

2.      Yale, Amerika
Universitas Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki banyak penerima Penghargaan Nobel dan Presiden Amerika Serikat, termasuk William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA). Penerimaan akademiknya adalah AS$12,7 miliar yang merupakan kedua terbesar di dunia (di belakang saingan besarnya, Universitas Harvard).

3.      Cambridge, Inggris
Universitas Cambridge (bahasa Inggris: Cambridge University; bahasa Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, universitas ini memiliki persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya.  Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel lebih banyak dari universitas lain di dunia. Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menjadi mahasiswa Cambridge.

4.      Oxford, Inggris
Oxford peringkat pertama di Inggris dan keempat di dunia dalam Times Higher Education Supplement dalam Universitas Peringkat Dunia 2011-2012. Dalam tabel disiplin ilmu, Oxford peringkat pertama di dunia dalam klinis, subyek pra-klinis dan kesehatan; ketiga untuk ilmu sosial; keempat untuk ilmu hidup, ketujuh untuk seni dan humaniora dan untuk rekayasa dan teknologi; dan kesepuluh untuk ilmu fisik.

5.      California Institute of Technology, Amerika
Institut Teknologi California), biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas swasta, Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech menekankan dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa "autonomous" yang memimpin di dunia dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory

6.      Imperial College London, Inggris
Imperial College London adalah beasiswa universitas kelas dunia, pendidikan dan penelitian di bidang ilmu pengetahuan, teknik dan kedokteran, khususnya berkaitan dengan aplikasi mereka di industri, perdagangan dan kesehatan. College ini memiliki lebih dari 3.000 staf akademik dan penelitian dan hampir 14.000 siswa dari lebih 120 negara yang berbeda.

7.      University College London, Inggris
UCL adalah universitas multidisiplin dengan reputasi internasional untuk kualitas penelitian dan pengajaran di seluruh spektrum akademik, dengan mata pelajaran mencakup ilmu-ilmu, seni, ilmu sosial dan biomedis. Pada tahun 2008 Research Assessment Exercise (RAE) UCL dinilai universitas penelitian terbaik di London, dan ketiga di Inggris secara keseluruhan, untuk jumlah pengiriman yang yang dianggap kualitas terdepan di dunia. Universitas ini terletak di sebuah situs kompak di jantung kota London dan dikelilingi oleh konsentrasi terbesar perpustakaan, museum, arsip, lembaga budaya dan badan-badan profesional di Eropa.

8.      University of Chicago, Amerika
Universitas Chicago (biasanya disebut sebagai Chicago atau UChicago, bahasa Inggris: The University of Chicago) adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890.

9.      Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika
Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah sebuah universitas riset swasta yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. MIT memiliki lima sekolah dan satu perguruan tinggi, yang berisi sebanyak 32 departemen akademis, dengan menekankan pada penelitian ilmiah dan teknologi. Disiplin pendidikan MIT telah berkembang di luar ilmu-ilmu fisik dan rekayasa dalam bidang-bidang seperti biologi, ekonomi, linguistik, ilmu politik, dan manajemen.

10.   Columbia University, Amerika
Universitas Columbia (bahasa Inggris: Columbia University) adalah sebuah universitas swasta di New York City, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1754 dengan nama King's College. Columbia juga adalah salah satu anggota Ivy League. Columbia dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia, sebagai pemimpin dalam bidang ilmiah, humanitas, hukum, kedokteran, pendidikan, teknik sipil, dan bisnis. Hingga tahun 2004, ada 72 pemenang Nobel memiliki afiliasi dengan Universitas Columbia.