SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 18 January 2012

Tata Nano, Mobil Murah Meriah


Tahun 2012 ini, produsen mobil asal India, Tata Motors bersiap untuk membanjiri produknya di Indonesia. Mobil ini dijuluki sebagai mobil rakyat, karena mobil produksi massal termurah di dunia saat ini. Mobil perkotaan tersebut diluncurkan oleh perusahaan mobil India Tata Motors pada Auto Expo tahunan ke-sembilan pada tanggal 10 Januari 2008 di Pragati Maidan, New Delhi, India.  Alasan utama dalam peluncuran mobil ini adalah banyaknya keluarga India yang memiliki kendaraan roda dua tapi tidak mampu membeli kendaraan roda empat, dan alhasil perusahaan tersebut sukses dalam meluncurkan dan memproduksi truk Ace yang murah pada bulan Mei 2005.

Apa Kelebihannya?
Tata Nano 2012 diklaim lebih bertenaga dan lebih irit dibanding edisi tahun sebelumnya. Mobil yang mempunyai berat 600 kg ini memiliki kemampuan mencapai kecepatan tertinggi hingga 105 km/jam. Meskipun masih menggunakan mesin berkapasitas 624 cc. tetapi untuk masalah tenaga, Tata Nano 2012 telah diupgrade ulang dari 35 hp menjadi 38 hp. TTrsi juga naik 3 Nm dari 48 Nm. Ada 10 pilihan warna untuk Tata Nano 2012, di mana 8 di antaranya merupakan warna baru yaitu: Pearl White, Rouge Red, Aqua Blue, Neon Rush, Serene White, Meteor Silver, Mojito Green, Papaya Orange, Sunshine Yellow, dan Champagne Gold.

Kenapa harganya bisa murah?
Mobil ini dapat dipatok dengan harga terjangkau yaitu harga jual dasar sebesar 100.000 rupee atau Rp 22 juta saja di India.karena mengurangi beberapa fitur standar mobil seperti penyejuk udara (AC), power steering dan electric windows, Tata juga melakukan penyesuaian pada bodi dan bagian mobil keseluruhan sehingga biaya produksi bisa ditekan. Contohnya roda, yang dibuat dari baja tekan dimana harganya lebih rendah dibanding logam alloy. Mesinnya juga diproduksi sendiri oleh Tata Motors di pabriknya sendiri dengan bekerja sama dengan perusahan asal Jerman yakni Krug. Sehingga bisa mengurangi modal dan biaya variabel lainnya seperti cat dan jumlah peralatan. Spesifikasi mobil ini antara lain:
Panjang
 3,1 meter
Tinggi
 1,6 meter
Lebar
1,5 meter
Mesin
rear-wheel drive, 2-cylinder, 624 cc, multi-point fuel-injection petrol engine, rear mounted.
Keamanan
Punya bodi metal, pintu tahan intrusi, seat-belt, ban tubeless
Bahan Bakar
20 km per liter