Anak bangsa yang memiliki cita-cita sederhana untuk mencerdaskan bangsa

Thursday, 26 January 2012

Bedugul Bali



Bedugul berasal dari kata Bedogol. Bedugul ini adalah danau beratan yang paling dangkal, di daerah danau Bedugul ini banyak terdapat hasil pertanian. Hasil pertanian disini yang paling banyak dijumpai adalah buah buahan dan sayuran. Banyak jenis buah-buahan disini diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan buah manila.
Danau Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan. Danau Bedugul ini merupakan tempat wisata pilihan di Bali, Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya.. Kawasan wisata Bedugul, yang terletak di kabupaten Tabanan, menawarkan suasana perbukitan yang menyejukkan dan keindahan danau Tamablingan. Tempat ini juga menawarkan suasana perbukitan dengan suhu sekitar 18 derajat celcius plus danau yang begitu indah. Untuk menikmati keindahan danau di sini, cukup dengan menyewa speed boat anda dapat berkeliling danau. Dekat dengan danau ini juga anda dapat menikmati hidangan santap siang di restoran lokal dengan menu masakan Indonesia maupun juga internasional.
Potensi
Dibanding kawasan wisata lain di Bali, Bedugul memang beda. Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di sana. Biasanya, wisatawan yang datang dan menginap di Bedugul adalah wisatawan ‘berkelas’. Mereka tinggal di sini agak lama untuk menikmati ketenangan.Wisatawan juga bisa sepuasnya menikmati keindahan danau sembari berperahu keliling danau atau memancing. Dengan biaya sekitar Rp.85.000 bisa mengelilini danau dengan speed boat.. Jika enggan berperahu atau memancing, bisa duduk berlama-lama di restoran di tepi danau sambil melepas pandangan jauh ke tengah danau yang sangat indah dengan hamparan air yang jernih..

Sarana dan prasarana
a.       Kios Cindera mata
Dsekitar danaau bedugul terdapat kios-kios yang menjajakan oleh-oleh khas bali sepert asesoris, pakaian, lukisan, dan patung khas bali dan lain-lain. Untuk harga yang ditawarkan pada kios ini relative lebih murah dibandingkan dengan pusat oleh-oleh yang ditawarka oleh guide.
b.      Kios buah
Kios buah yang ada di bedugul menawarkan buah-buah hasil pertanian disekitar danau tersebut seperti stawbery, salak, marquisa dan buah-buah yang lain.Kios-kios ini berdiri berjajar di sekitar jalan menuju danau bratan. Harga yang ditawarkanpun juga tidak terlalu mahal.
c.       Penyewaan speed boat dan perahu
Penyeawaan speed boat biasanya terdapat ditepi danau yang siap mengantarkan para wisatawan untuk mengelilingi danau satu kalimputaran. Harga yang ditawarkan untuk satu kali putaran sekitar Rp. 85.000 untuk sekitar 5 orang dalam satu kali trip.
d.      Hotel dan restoran
Bedugul bukanlah kawasan wisata yang mahal. Harga makanan dan tarif penginapan relatif murah. Ingin menginap dengan tarif Rp 40 ribu per malam Tak sulit mendapatkannya di Bedugul, yang dikenal sebagai kawasan penghasil dan pemasok sayur-sayuran untuk Denpasar. Namun, jika menginginkan penginapan yang lebih bergengsi, bisa memilih sebuah vila berisi dua kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur dengan tarif Rp 300 ribu per malam.Untuk harga makanan di Bedugul relatif lebih murah. Hanya dengan Rp 6.000, sudah dapat menikmti satu porsi nasi campur dan segelas teh manis. Untuk makanan khas Bedugul yakni satai kelinci. Harganya cukup murah, hanya Rp 6.000 untuk satu porsi atau sepuluh tusuk

Kawasan wisata sebaik Bedugul, mestinya bisa menyerap wisatawan secara maksimal. Namun faktanya, wisatawan asing yang datang ke sini tak lebih dari 20 persen dari total jumlah wisatawan yang datang ke Bali
Sementara wisatawan domestik, umumnya tidak mendapat informasi lengkap mengenai kawasan wisata ini. Alhasil, mereka lebih memilih tinggal di Denpasar ketimbang Bedugul. Padahal, jika melihat jarak tempuh yang hanya 45 km dari Denpasar, mestinya Bedugul menjadi alternatif mereka untuk menginap. Belum lagi jika mengingat tarif penginapan dan harga makanan yang lebih murah.

Source: laporan KKL2 BALI 2009